Breaking News
You are here: Home / Penulis Tamu / Langkah Awal SPIP di Kabupaten Sinjai

Langkah Awal SPIP di Kabupaten Sinjai

Oleh: Lilik Pujiwati, SE., Ak*

 

Keberhasilan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Pemerintah Daerah tidak lepas dari kesamaan persepsi dan dukungan dari seluruh jajaran untuk berkomitmen menerapkan unsur-unsur dan sub unsur-sub unsur yang termuat di dalam PP 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Untuk itu setiap Instansi pemerintah diharapkan sudah memahami tahapan dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mensukseskan penerapan SPIP di Pemerintah Daearah.

Ada 5 (lima) tahap yang dilakukan dalam proses penyelenggaraan SPIP yaitu:

  1. Tahap pertama: Knowing yaitu melalui sosialisasi dan diklat.
  2. Tahap kedua: melakukan pemetaan/diagnostic assessment yang dimaksudkan untuk memperoleh area perbaikan (area of improvements) terhadap unsur-unsur SPIP yang dipetakan. Berikutnya adalah melakukan perbaikan yang diperlukan terhadap unsur-unsur tersebut melalui bimbingan dan konsultasi.
  3. Tahap ketiga: Norming yaitu setiap Instansi pemerintah perlu segera membangun dan memperbaiki infrastruktur untuk penyelenggaraan SPIP pada organisasinya.
  4. Tahap keempat: Forming yaitu melakukan internalisasi terhadap infrastruktur yang dibangun dan diperbaiki dengan mewujudkan dalam keseharian semua yang diperlukan dalam menyelenggarakan SPIP. Proses ini memerlukan waktu bagi tiap instansi pemerintah untuk dapat mencapai tujuan dari penyelenggaraan SPIP yang dimaksudkan. Proses internalisasi ini perlu selalu dipantau dan dievaluasi secara terus menerus oleh instansi pemerintah itu sendiri untuk dapat menilai apakah SPIP yang diinginkan telah terselenggara dengan baik atau masih memerlukan perbaikan secara terus menerus.
  5. Tahap kelima: Performing yaitu pengembangan berkelanjutan melalui learning by doing, karena kondisi yang dihadapi setiap instansi pemerintah selalu dinamis, dan dinamika tersebut akan terus menimbulkan perubahan, yang akan memerlukan pengembangan yang berkelanjutan sehingga SPIP yang dibutuhkan setiap instansi pemerintah dapat berlangsung secara baik.

Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam tahapan SPIP telah melaksanakan tahap pertama (knowing).dan tahap kedua pemetaan (Diagnostic assessment). Setelah melakukan Diagnostic Assesment, Kabupaten Sinjai berusaha untuk menuju tahap Norming, yaitu tahapan perbaikan atas kelemahan-kelemahan prosedur dan sistem yang ditemukan di tahap sebelumnya.

Pada tahap awal Pemerintah Kabupaten Sinjai membuat infrastruktur untuk menyelenggarakan SPIP, dengan Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2010 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai. Penerapan Peraturan Bupati tersebut diwujudkan dengan dikirimkannya beberapa perwakilan pegawai dari seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD)/ instansi secara bertahap untuk mengikuti diklat SPIP. Setelah itu pegawai yang mengikuti Diklat diberi tugas untuk mensosialisasikan SPIP di seluruh Instansi.

Dan pada tahun 2011 Pemerintah Kabupaten Sinjai mengadakan Sosialisasi SPIP pada seluruh  instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Sosialisasi tersebut untuk pertama kali diselenggarakan pada tanggal 21 November 2011 hingga tanggal 12 Desember 2011, dengan terlebih dahulu membentuk Tim Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) se Kabupaten Sinjai. Tim tersebut bertugas memberikan gambaran umum tentang SPIP dan pentingnya penerapan SPIP di setiap SKPD/instansi pemerintah, yang selanjutnya diharapkan sudah memahami tahapan dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mensukseskan penerapan SPIP di Kabupaten Sinjai. Karena penerapan SPIP di instansi merupakan tanggung jawab seluruh pegawai di instansi maka peserta yang wajib mengikuti sosialisasi yaitu Kepala SKPD/instansi, Pejabat Eselon III dan IV serta seluruh staf dan pegawai di SKPD/ instansi.

Tahap selanjutnya adalah membentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) SPIP pada instansi/unit kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai dengan ditetapkannya Keputusan Bupati Nomor 611 tahun 2012 tentang Pembentukan SATGAS SPIP di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Dan pada tanggal 12 Desember 2012 diadakan Sosialisasi SPIP bagi SATGAS untuk lebih memantapkan pemahaman SPIP dalam mendampingi Instansi untuk menerapkan SPIP di SKPD/ Insatansi masing-masing.

Langkah berikutnya, seluruh SKPD/ Instansi harus melampirkan identifikasi dan analisa resiko setiap kegiatan dalam DPA tahun 2013. Di dalam penilaian resiko tersebut diharapkan setiap instansi memahami faktor atau penyebab timbulnya peristiwa yang kemungkian terjadi yang akan berdampak pada pencapaian tujuan dan sasaran instansi. Instansi menganalisa resiko dengan memisahkan resiko kecil yang dapat diterima dan resiko besar sebagai bantuan dalam menentukan prioritas penanganan resiko. Selanjutnya menentukan kegiatan pengendalian dari resiko tersebut apabila resiko itu tidak dapat dihindari atau terjadi pada kegiatan yang akan dilaksanakan. Apabila setiap kegiatan yang direncanakan dapat kita nilai resikonya maka instansi dapat terbantu pencapaian tujuannya, dapat efisien dan efektif dalam pelaksanaannya, menghindari pemborosan, dan sebagai dasar penyusunan rencana strategis.

Inspektorat Kabupaten Sinjai membentuk Tim Pengendalian Perencanaan Pembangunan yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 422 tahun 2013 tentang Pembentukan Tim Asistensi Dokumen Perencanaan Belanja Modal Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Tim ini bertugas melakukan evaluasi terhadap hasil kegiatan perencanaan kontruksi sebelum pelaksanaan pembangunan kontruksinya.

Tabel Perkembangan Penyelenggaraan SPIP di Kabupaten Sinjai sebagai berikut :

FASE

KEBUTUHAN

KEGIATAN

PRODUK

Waktu Pelaksanaan

Knowing
  • Pemahaman,
  • Penyamaan persepsi
  • Diklat,
  • Sosialisasi
Tim Sosialisasi yang BersertifikatSDM di lingkup Pemerintah Kab. Sinjai yang memahami pentingnya SPIP     Tahun 2010 – 2012Tahun 2011 -2012
Mapping Kondisi, Tujuan, Gap
  • Setiap Instansi membuat Analisa Resiko disetiap kegiatan yang akan dilaksanakan
  • Asistensi Dokumen Perencanaan Belanja Modal
  • Dokumen Pelaksanaan Anggaran yang efektif dan efisien
  • Dokumen Perencanaan yang efektif dan efisien
    • Tahun 2013
  • Tahun 2013
Norming Membangun fondasi/infrastruktur sistem
  • Penyusunan Peraturan Kepala Daerah tentang SPIP
  • Pembuatan Surat Keputusan Bupati untuk mendukung penerapan SPIP
  • Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2010 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan pemerintah kabupaten Sinjai.
  • Surat Keputusan Bupati Nomor 611 tahun 2012 tentang Pembentukan SATGAS SPIP
  • SATGAS SPIP di lingkup pemerintah Kabupaten Sinjai
  • Keputusan Bupati Nomor 422 tahun 2013 tentang Pembentukan Tim Asistensi Dokumen Perencanaan Belanja Modal Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai
  • Tim Asistensi
    • Tahun 2010
  • Tahun 2012
  • Tahun 2013

 

Faktor yang terpenting dalam penerapan SPIP sesuai dengan aturan adalah mengenai soft control yaitu faktor Sumber Daya Manusia selaku pelaksana SPIP. Selain itu komitmen dari pimpinan/pengambil kebijakan juga menjadi faktor penentu dalam penerapan SPIP, sebagai kunci suksesnya efektivitas penerapan SPIP di pemerintah daerah. Karena itu mengimplementasikan SPIP tersebut tidak semudah membalikkan tangan dalam waktu sekejap dapat terlaksana tapi membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar.

*) Inspektorat Kabupaten Sinjai

Incoming search terms:

Langkah Awal SPIP di Kabupaten Sinjai
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

About Kontributor warungkopipemda

One comment on “Langkah Awal SPIP di Kabupaten Sinjai

  1. anto on said:

    BRAVO, Moga bisa Diikuti oleh Pemrov/pemda-Pemkot yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

721 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Murad Reviews
Exposed Skin Care Reviews
How To Get Rid Of Stretch Marks Fast
Proactive Reviews
How To Get Rid Of Acne
How To Get Rid Of Stretch Marks
How To Get Rid Of Blackheads
how do i get rid of stretch marks
How To Make Stretch Marks Go Away
How To Get Rid Of Stretch Marks On Breasts
Stretch Marks After Pregnancy
How To Prevent Stretch Marks During Pregnancy
How to Get Rid of Stretch Marks
Scroll To Top
shared on wplocker.com