Home » Resensi Buku » Aset Tetap Daerah – Untuk Praktisi dan Akademisi
buku aset tetap daerah

Aset Tetap Daerah – Untuk Praktisi dan Akademisi

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah bagian dari upaya perbaikan pengelolaan aset tetap khususnya dari sisi akuntansi. Dalam struktur neraca, aset tetap memiliki nilai tertinggi dibandingkan aset lainnya. Namun, justru di sinilah permasalahan sering muncul. Dengan berkeyakinan bahwa perbaikan penerapan akuntansi aset tetap akan membawa dampak siginfikan pada kualitas akuntabilitas keuangan daerah kami mencoba mengupas permasalahan aset tetap.

Dalam buku ini kami memulai dari hal yang paling mendasar, yaitu bagaimana membedakan aset tetap dan non aset tetap. Sangat sederhana bukan? Namun, dalam kesederhanaan itu justru beragam masalah berawal dari sini. Kami yakin, pemahaman yang mendalam tentang definisi aset tetap diharapkan dapat membantu pembaca untuk memecahkan masalah-masalah dalam pengelolaan aset tetap.

Di bagian berikutnya kami membahas masalah kapitalisasi aset. Kapan, apa saja, dan bagaimana melakukan kapitalisasi aset dapat diperoleh informasi dalam bab ini. Meski saat ini belum ada pemerintah daerah yang menerapkan penyusutan aset tetap, kami mencoba memasukkan topik ini agar dapat digunakan sebagai acuan. Kami juga menyajikan masalah hak atau kepemilikan. Dalam banyak hal pemerintah daerah menempati aset yang secara hukum belum menjadi haknya, atau sebaliknya. Perlakuan atas kejadian ini akan secara gamblang dapat pembaca temukan dalam bagian ini.

Sebagai sebuah buku yang bersifat praktis, kami mengedepankan contoh dan pemaparan studi kasus. Pembaca akan mendapati beragam kasus mulai apakah barang pecah belah bisa diakui sebagai aset tetap hingga penyajian aset yang dipinjampakaikan. Bagian lainnya mengetengahkan diskusi tentang aset sumber daya, konstruksi dalam pengerjaan, dan tahapan dalam penataan aset tetap.

Dikemas dengan bahasa yang serius tapi nyantai, dan dibumbui dengan teori, contoh, diskusi, dan studi kasus, harapannya buku ini dapat membantu memecahkan masalah-masalah aset tetap di pemerintah daerah.

Yakinlah, buku ini pantas menjadi salah satu koleksi terbaik perpustakaan rumah dan kantor Anda.

Aset Tetap Daerah – Untuk Praktisi dan Akademisi
2 votes, 4.50 avg. rating (90% score)

About Eko Hery Winarno

Penulis

Baca Lebih Lanjut

Posyandu

Bagaimana APBDesa Mengakomodir Penganggaran Kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa?

Warkop Mania, pada bagian sebelumnya kita telah membahas mengenai struktur APBDesa yang baru sesuai Permendagri ...

9 Komentar

  1. Arif Gunarsa

    gimana caranya bisa dapat bukunya

  2. Maulidiansyah

    Saya ingin membeli 4 buku tersebut (Aset Tetap Daerah, BLUD, Reformasi Birokrasi, dan BPK). Apakah bisa pesan disini ?

  3. caranya gimana pesan ini buku aset

    • Kalau mbak nanda mampir ke makassar…kami bagi gratis…Soalnya tinggal dikit, atau abis masih kami cek kembali. Dan kami tidak memproduksi lagi mbak Nanda. Mohon maklum.

      • Waduh sayang sekali, kami sangat membutuhkan buku tersebut untuk perpusatakaan kantor kami..mohon bila berkanan kami ingin telfun terkait pembelian buku tersebut, adakah no telp yang bisa kami hubungi atau email karena kami pernah email ke warkop_pemda@yahoo.com belum ada balasan
        ..mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *