Breaking News
You are here: Home / Penulis Tamu / Apakah Sensus BMD Setelah Sebelumnya Dilakukan Inventarisasi (tidak) Perlu????

Apakah Sensus BMD Setelah Sebelumnya Dilakukan Inventarisasi (tidak) Perlu????

oleh: Damargo Hadiono*)

Pada saat sekarang banyak pemerintah daerah sedang melaksanakan sensus Barang Milik Daerah (BMD). Hal ini dilakukan mengacu pada Pasal 27 Permendagri 17 tahun 2007 yang menyebutkan bahwa  sensus dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan Sensus BMD Prov/Kab/Kota dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Secara historis sensus BMD telah dilaksanakan selama 7  kali. Pertama kali, sensus BMD dilaksanakan pada tahun 1983 dan terakhir dilaksanakan pada tahun 2008 sehingga untuk kali ini sensus BMD jatuh pada tahun 2013.

Sensus bertujuan untuk mengetahui jumlah populasi yang ada yang kemudian dari hasil sensus dapat dimanfaatkan bagi pengambilan keputusan. Seperti sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dan pelaksanaannya dikoordiniir oleh BPS dapat diketahui jumlah penduduk pada suatu daerah, provinsi dan akhirnya pada suatu negara. Karena  penting kick off pelaksanaannya langsung di”gema”kan oleh Presiden. Dari hasil sensus penduduk dapat diketahui struktur usia penduduk negara Indonesia sehingga dapat dikalkulasi apakah penduduk yang dimiliki menjadi “berkah” karena didominasi oleh penduduk usia produktif atau menjadi suatu yang harus di”cermati” jika didominasi oleh penduduk usia non produktif.

Lalu, apakah sensus BMD yang sesuai ketentuan dilaksanakan secara serentak juga bertujuan untuk mengetahui jumlah BMD seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia????.  Mungkin sedikit berbeda, karena sampai saat kini kiranya hanya untuk mengetahui BMD yang dimiliki oleh suatu  pemerintah daerah belum sampai pada tujuan untuk mengetahui jumlah BMD pada seluruh pemerintah daerah kabupaten/ kota dan provinsi. Oleh karena itu “gong” pelaksanaan sensus BMD diserahkan kepada  masing-masing kepala daerah.

Sensus membutuhkan sumberdaya yang besar baik tenaga, waktu maupun uang. Dengan ketentuan bahwa harus dilaksanakan secara serentak, lalu pertanyaanya apakah seluruh Pemda perlu melaksanakan pada tahun 2013? Terutama bagi pemerintah daerah yang pada tahun sebelumnya telah melaksanakan inventarisasi.

Banyak pemerintah daerah melaksanakan inventarisasi untuk menindaklajuti permasalahan yang menjadi catatan pengecualian pada saat penyajian nilai BMD di laporan keuangan. Cara yang dilakukan adalah dengan mendata seluruh BMD dari unit-unit yang terkecil hingga seluruhnya terdata dan mengadminstrasikannnya pada Buku Inventaris, KIR dan KIB menggunakan Sistem Infomasi. Dana yang dikeluarkan pun tidak kecil, apalagi jika pelaksanaannya menggunakan pihak appraisal.

PP 6 Tahun 2006 Pasal 69 (2) sendiri menyebutkan Pengelola Barang melaksanakan inventarisasi BMD sekurang-kurangnya sekali dalam 5 tahun. Nah, bagaimana kaitannya bagi Pemda yang telah melaksanakan inventarisasi pada tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya?.

Sebagai contoh Pemda X pada tahun 2012 telah melaksanakan inventarisasi. Walaupun secara ketentuan dapat dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam 5 tahun, apakah Pemda X perlu mengikuti jadwal “serentak” pada tahun 2013 melaksanakan sensus? Ataukah melaksanakannya pada tahun 2017?

Dengan kondisi yang demikian, menurut Anda, jika hal demikian terjadi, masihkah Pemda X perlu melaksanakan sensus pada tahun 2013? Atau lebih baik dananya dipergunakan untuk meningkatkan pelayanan publik seperti untuk manambah fasilitas kesehatan atau pendidikan.

Menghadapi  situasi demikian, pemerintah daerah harus melihat keandalan data hasil inventarisasi yang dimiliki. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil audit BPK ketika menyajikan hasil inventarisasi pada laporan keuangan. Jika menurut hasil audit masih terdapat banyak permasalahan mengenai pencatatan BMD, seperti banyak barang yang tidak tercatat pada banyak SKPD, dan atau terdapat banyak barang yang tidak diketemukan atau tidak sesuai dengan kondisinya, maka daftar tersebut dapat dikatakan tidak andal. Sebaliknya, jika hanya terdapat sedikit catatan atas data yang dimiliki maka tersebut data tersebut dapat dikatakan andal.

Akan tetapi setelah saat inventarisasi hingga sensus harus dilaksanakan, tentulah terdapat perubahan baik berupa mutasi tambah atau kurang atau terhadap kondisi barang milik daerah yang dimiliki. Terhadap Pemda yang tidak memiliki data yang andal meski sebelumnya telah pernah melakukan inventarisasi, sensus tetap perlu dilaksanakan untuk mendapatkan data yang akurat mengenai jumlah BMD yang dimilki dan dikuasai. Sementara bagi  pemerintah daerah yang memiliki data yang andal, demi menghemat anggaran, tidak perlu melakukan sensus seperti yang pernah dilakukan pada saat inventarisasi yaitu mendata satu persatu BMD, namun untuk menjaga keandalan data tetap harus melakukan pemutakhiran atas data yang ada dengan memperhatikan perubahan karena adanya mutasi barang dan kondisi serta juga fokus perbaikan pada data SKPD yang dianggap sedikit bermasalah.

*) Auditor Madya, Pengendali Teknis pada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat

Incoming search terms:

Apakah Sensus BMD Setelah Sebelumnya Dilakukan Inventarisasi (tidak) Perlu????
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

About Kontributor warungkopipemda

Kontributor Warungkopipemda adalah Anda yang peduli dengan proses sharing knowledge tentang kepemdaan di negeri ini untuk perbaikan tata kelola pemerintah daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

17,804 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Murad Reviews
Exposed Skin Care Reviews
How To Get Rid Of Stretch Marks Fast
Proactive Reviews
How To Get Rid Of Acne
How To Get Rid Of Stretch Marks
How To Get Rid Of Blackheads
how do i get rid of stretch marks
How To Make Stretch Marks Go Away
How To Get Rid Of Stretch Marks On Breasts
Stretch Marks After Pregnancy
How To Prevent Stretch Marks During Pregnancy
How to Get Rid of Stretch Marks
Scroll To Top
shared on wplocker.com